Penyebab Terjadinya Pengentalan Darah

Sindroma darah kental dikenal dengan istilah Sindrom Antifofolipid (SAF) atau Hughes syndrome, pertama kali diperkenalkan di London, Inggris pada tahun 1983 oleh Dr. Graham Hughes dan timnya. Dengan penelitian yang terus berkembang, ternyata sindrom ini disebakan oleh gangguan kekebalan tubuh yang salah mengenal lapisan fosfolipid (lapisan sel di pembuluh darah) yang menyebabkan terjadinya reaksi pembekuan darah yang menimbulkan thrombosis atau sumbatan pada pembuluh darah. Sebanyak 30-70% pembuluh darah yang terkena adalah vena (pembuluh darah balik). Sumbatan vena pada daerah tungkai bawah adalah kasus yang terbanyak, diikuti oleh sumbatan bena ketika, retina, hati dan otak. Sindroma ini juga dapat melibatkan pembuluh darah arteri yang mengancam terjadinya serangan jantung dan stroke.
 

Proses terjadinya darah menjadi kental karena kekurangan cairan darah atau trombosit yang merupakan suatu zat yang berperan dalam pembekuan darah sehingga sel darah mudah melekat antara satu dengan yang lainnya. Bila seseorang memiliki kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam tubuhnya maupun memiliki kebiasaan merokok, maka darah yang sudah kental akan semakin sulit untuk mengalir.
Sebagian kasus penyakit pengentalan darah disebabkan oleh adanya faktor keturunan. Orang-orang yang mengidap penyakit pengentalan darah karena faktor keturunan diharuskan untuk mengkonsumsi obat antipenggumpalan atau antikoagulan seumur hidup. Untuk mencegah terjadinya pengentalan darah, sudah seharusnya kita mengentaui penyebab terjadinya pengentalan darah:
  • Pola makan
Penyakit pengentalan darah yang disebabkan oleh pola makan sering terjadi di masyarakat. Bahkan sekitar 60% dari penduduk Indonesia mengalami penyakit pengentalan darah karena pola makan yang tidak teratur serta kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat.
  • Pola Pikir
Tanpa kita sadari, pola pikir seseorang juga dapat menyebabkan terjadinya penyakit pengentalan darah. Orang-orang yang sering mengalami stress serta mudah marah lebih mudah mengidap penyakit darah kental.
  • Gaya hidup
Gaya hidup yang tidak sehat serta jarang atau bahkan tidak pernah berolahraga juga bisa menyebabkan terjadinya penyakit darah kental. Selain membuat tubuh menjadi lebih sehat, olahraga akan membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar, sehingga kita terhindar dari bahaya penyakit pengentalan darah.
  • Lingkungan
Lingkungan yang tidak sehat seperti lingkungan di perkotaan di penuhi oleh polusi. Polusi udara juga dapat memicu terjadinya pengentalan darah.

Itulah beberapa penyebab terjadinya pengentalan darah. Darah kental juga bisa diobati dengan menggunakan herbal alami dari ekstrak teripang laut yaitu jelly gamat gold-g sebagai obat herbal darah kental.



[sumber: necturajuice.com]

| penyebab terjadinya pengentalan darah



Artikel lainnya:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

..
obat wasir untuk wanita hamil
obat diare anak